A.
TUJUAN
GERAKAN KAMERA
1. Gerakan
Panning
a.
Tujuan fungsional/ teknis
1.
Mengikuti gerakan subyek / keinginan untuk
menunjukan situasi
2.
Menunjukkan bagian - bagian dimana bagian -
bagian tersebut mempunyai hubungan satu sama lain
3.
Menunjukkan pemandangan secara keseluruhan
4.
Menghindari subyek atau obyek yang tidak
diinginkan masuk dalam gambar
b.
Tujuan artistik
1.
Menghubungkan beberapa subyek yang tempatnya
terpisah
2.
Memperlihatkan hubungan bagian yang satu dengan
bagian yang lainnya
3.
Memperlihatkan sebab akibat
4.
Mengalihkan titik perhatian penonton
5.
Membangun keteganggan yang mempunya dampak
penonton
2. Gerakan
Pedestal Up
a.
Tujuan fungsional/ teknis
1.
Melihat gerakan secara keseluruhan
2.
Menghindari subyek atau obyek yang ada di foreground atau latar depan gambar
b.
Tujuan artistik
1.
Melihat subyek atau obyek dari atas ke bawah
2.
Mengurangi kekuatan subyek
3.
Mengurangi dominasi foreground
3. Gerakan
Pedestal Down
a.
Tujuan fungsional/ teknis
1.
Mendapatkan level
shots dari sunyek yang rendah letaknya
2.
Mengambil gambar subyek atau obyek sekaligus
dengan foregroundnya
3.
Menghindari gerakan di belakang subyek
b.
Tujuan artistic
1.
Meningkatkan perhatian penonton
2.
Menambah kekuatan subyek
4. Gerakan
Dolly /Track In
a.
Tujuan fungsional/ teknis
1.
Memperlihatkan aktivitas talent secara lebih
rinci
2.
Menghindari subyek atau obyek yang tidak
diperlukan
3.
Memposisikan kembali setelah terjadi perubahan
kedudukan subyek atau obyek
4.
Merubah titik perhatian gambar
5.
Memperkuat subyek yang sedang menuju kamera
b.
Tujuan artistic
1.
Menciptakan efek subyektif
2.
Meningkatan ketegangan
3.
Mengisi subyek yang mulai lemah dominasinya
karena subyek menjauhi kamera
4.
Mengalihkan perhatian penonton
5.
Memusatkan perhatian
6.
Memperlihatkan adanya informasi baru pada gambar
7.
Memperlihatkan subyek yang dinilai penting
5. Gerakan
Dolly /Track Out
a.
Tujuan fungsional/ teknis
1.
Memperluas sudut pandangan
2.
Memperlihatkan kedudukan subyek lebih banyak
3.
Memperlihatkan kedudukan yang lebih luas
4.
Menunjukkan informasi baru
5.
Memperlihatkan masuknya subyek yang baru dalam gambar
6.
Mengakomodasikan gerakan yang akan datang
b.
Tujuan artistik
1.
Mengurangi dominasi
2.
Menciptakan efek subyektif
3.
Menunjukkan adanya suatu kejutan
4.
Meningkatkan ketegangan
5.
Menunjukkan adanya suatu hubungan
6. Gerakan
Trauck/ Crub
a.
Tujuan fungsional/ teknis
1.
Melihat subyek dari sudut pandang yang lain,
tanpa terjadi transisi gambar
2.
Mengikutkan atau tidak mengikutkan subyek pada
foreground maupun background
3.
Memperbaiki posisi subyek yang salah letaknya
4.
Menunjukkan adanya informasi ataupun subyek baru
yang muncul dalam gambar
5.
Mengkomposisikan
b.
Tujuan artistic
Merubah titik atau pusat perhatian
penonton
7. Gerakan
Following tracking/ mengikuti subyek
a.
Tujuan fungsional/ teknis
1.
Pada close up , agar subyek tetap berada pada
frame gambar, dengan maksud untuk memperlihatkan reaksi atau informasi secara
rinci
2.
Pada long shot, memperlihatkan aktivitas subyek
pada suatu lingkungan atau hubungannya dengan subyek – subyek lainnya pada
gambar
b.
Tujuan artistic
1.
Menghubungkan subyek dengan lingkungannya
2.
Menghindari adanya transisi gambar
3.
Menghindari perubahan sudut pandang
4.
Mempertahankan kontinuitas
B.
KOMPOSISI
GAMBAR
Dalam menata gambar dalam film layar lebar
biasanya, komposisi yang dipilih akan memberikan efek lain. Komposisi yang
standard an lazin digunakan adalah penaruhan subyrk atau obyek gambar di tengah
layar. Padahal sebenarnya variasi bisa diberikan dalam beberapa alternative.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar