Rabu, 08 Mei 2019

MEMAHAMI (LAGI) GERAKAN KAMERA (JUGA) GAMBAR



A.      TUJUAN GERAKAN KAMERA

1.       Gerakan Panning
a.       Tujuan fungsional/ teknis
1.       Mengikuti gerakan subyek / keinginan untuk menunjukan situasi
2.       Menunjukkan bagian - bagian dimana bagian - bagian tersebut mempunyai hubungan satu sama lain
3.       Menunjukkan pemandangan secara keseluruhan
4.       Menghindari subyek atau obyek yang tidak diinginkan masuk dalam gambar
b.      Tujuan artistik
1.       Menghubungkan beberapa subyek yang tempatnya terpisah
2.       Memperlihatkan hubungan bagian yang satu dengan bagian yang lainnya
3.       Memperlihatkan sebab akibat
4.       Mengalihkan titik perhatian penonton
5.       Membangun keteganggan yang mempunya dampak penonton

2.       Gerakan Pedestal Up
a.       Tujuan fungsional/ teknis
1.       Melihat gerakan secara keseluruhan
2.       Menghindari subyek atau obyek yang ada di foreground atau latar depan gambar
b.      Tujuan artistik
1.       Melihat subyek atau obyek dari atas ke bawah
2.       Mengurangi kekuatan subyek
3.       Mengurangi dominasi foreground

3.       Gerakan Pedestal Down
a.       Tujuan fungsional/ teknis
1.       Mendapatkan level shots dari sunyek yang rendah letaknya
2.       Mengambil gambar subyek atau obyek sekaligus dengan foregroundnya
3.       Menghindari gerakan di belakang subyek
b.      Tujuan artistic
1.       Meningkatkan perhatian penonton
2.       Menambah kekuatan subyek

4.       Gerakan Dolly /Track In
a.       Tujuan fungsional/ teknis
1.       Memperlihatkan aktivitas talent secara lebih rinci
2.       Menghindari subyek atau obyek yang tidak diperlukan
3.       Memposisikan kembali setelah terjadi perubahan kedudukan subyek atau obyek
4.       Merubah titik perhatian gambar
5.       Memperkuat subyek yang sedang menuju kamera
b.      Tujuan artistic
1.       Menciptakan efek subyektif
2.       Meningkatan ketegangan
3.       Mengisi subyek yang mulai lemah dominasinya karena subyek menjauhi kamera
4.       Mengalihkan perhatian penonton
5.       Memusatkan perhatian
6.       Memperlihatkan adanya informasi baru pada gambar
7.       Memperlihatkan subyek yang dinilai penting


5.       Gerakan Dolly /Track Out
a.       Tujuan fungsional/ teknis
1.       Memperluas sudut pandangan
2.       Memperlihatkan kedudukan subyek lebih banyak
3.       Memperlihatkan kedudukan yang lebih luas
4.       Menunjukkan informasi baru
5.       Memperlihatkan masuknya subyek yang baru dalam gambar
6.       Mengakomodasikan gerakan yang akan datang
b.      Tujuan artistik
1.       Mengurangi dominasi
2.       Menciptakan efek subyektif
3.       Menunjukkan adanya suatu kejutan
4.       Meningkatkan ketegangan
5.       Menunjukkan adanya suatu hubungan

6.       Gerakan Trauck/ Crub
a.       Tujuan fungsional/ teknis
1.       Melihat subyek dari sudut pandang yang lain, tanpa terjadi transisi gambar
2.       Mengikutkan atau tidak mengikutkan subyek pada foreground maupun background
3.       Memperbaiki posisi subyek yang salah letaknya
4.       Menunjukkan adanya informasi ataupun subyek baru yang muncul dalam gambar
5.       Mengkomposisikan
b.      Tujuan artistic
Merubah titik atau pusat perhatian penonton

7.       Gerakan Following tracking/ mengikuti subyek
a.       Tujuan fungsional/ teknis
1.       Pada close up , agar subyek tetap berada pada frame gambar, dengan maksud untuk memperlihatkan reaksi atau informasi secara rinci
2.       Pada long shot, memperlihatkan aktivitas subyek pada suatu lingkungan atau hubungannya dengan subyek – subyek lainnya pada gambar
b.      Tujuan artistic
1.       Menghubungkan subyek dengan lingkungannya
2.       Menghindari adanya transisi gambar
3.       Menghindari perubahan sudut pandang
4.       Mempertahankan kontinuitas


B.      KOMPOSISI GAMBAR

Dalam menata gambar dalam film layar lebar biasanya, komposisi yang dipilih akan memberikan efek lain. Komposisi yang standard an lazin digunakan adalah penaruhan subyrk atau obyek gambar di tengah layar. Padahal sebenarnya variasi bisa diberikan dalam beberapa alternative.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar